PEMERINTAH
KABUPATEN MUARA ENIM
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI KASAI
KECAMATAN SUNGAI ROTAN
PROPINSI SUMATERA SELATAN KODE POS 13171
Kasai,
21 September 2011
Nomor : 420
/ 45 / SD.SR / 2011 Kepada
Lampiran : 1
(Satu) set Yth.
Direktur PT Perusahaan Gas
Prihal : Usul Bantuan Rehab Sekolah, Negara ( Persero ) Tbk
Perumahan Guru, Sarana Air Bersih, cq. Kepala Divisi TJSL PT
Ruang Perpustakaan dan Pagar Sekolah (persero) Tbk Sektor
Perumahan Guru, Sarana Air Bersih, cq. Kepala Divisi TJSL PT
Ruang Perpustakaan dan Pagar Sekolah (persero) Tbk Sektor
Pendidikan
di-
di-
JAKARTA
Bersama
ini kami sampaikan kepada Bapak, Proposal Usulan Bantuan Rehab Sekolah,
Perumahan Guru, Sarana Air Bersih, Ruang Perpustakaan dan Pagar Sekolah SD Negeri Kasai, Sebagaimana
terlampir.
Selanjutnya
kami berharap kiranya usul ini dapat dipertimbangkan karena anak-anak sangat
membutuhkan bantuan untuk memenuhi sarana dan prasarana.
Demikian
atas perhatian, dukungan dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.
Menyetujui,
Komite
Sekolah Kepala Sekolah
SOPI AMIN SUYITNO, S.Pd
NIP.
19710102 199308 1 001
Mengetahui
Mengetahui,
Kepala
Desa Kasai Ka UPT Dinas Pendidikan
MEGAWANI. TS MUHTARIMIN, S.Pd
NIP.
19701115 199104 1 001
PEMERINTAH
KABUPATEN MUARA ENIM
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI KASAI
KECAMATAN SUNGAI ROTAN
PROPINSI SUMATERA SELATAN KODE POS 13171
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- SD Negeri Kasai berdiri sejak Tahun 1980 yang terletak di Desa Kasai Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, ditengah lahan seluas 80m x 110m yang merupakan daerah pasang surut. Keadaan Sekolah tersebut memiliki 6 ruang belajar dan 1 ruang kantor serta 2 buah kamar kecil keseluruhannya terbuat dari papan/kayu dan berbentuk panggung/bertiang.
Sejak Tahun 1980 s/d sekarang belum ada perbaikan sekolah / ruang belajar
sehingga keadaan sekolah sekarang dalam keadaan rusak, atap banyak yang bocor,
dinding kayu banyak lapuk termakan usia. Dan tiang penyangga sekolahpun dalam
keadaan miring sehingga dikuatirkan akan roboh.
Dimusim kemarau disekolah terjadi kekeringan sedangkan dimusim hujan
kerap kali terjadi kebanjiran sehingga anak diwaktu musim hujan tidak bisa
belajar disekolah kadang-kadang sampai mencapai 2 bulan.
Melihat keadaan tersebut siswa tidak akan belajar maksimal dikarenakan
sarana prasarana tidak mendukung. Keadaan lantai yang terbuat dari papan itu
sangat akan mengganggu konsentrasi belajar siswa terutama apabila dikelas yang
sebelahnya sedang melakukan aktivitas belajar yang banyak gerak sebab suaranya
sangat gadu dari bunyi lantai yang di pijaknya.
- Peran guru merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan oleh karena itu guru membutuhkan konsentrasi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Agar konsentrasi guru dalam mengajar siswa lebih terfokus maka perlu diperhatikan kesejahteraan para guru tersebut, dalam hal ini masalah tempat tinggal atau perumahan guru.
Di SD Negeri Kasai tidak ada
perumahan guru hanya mempunyai 1 unit perumahan kepala sekolah itupun sudah
tidak memungkinkan untuk dihuni karena sudah rusak berat. Sementara dari 6
orang guru yang berstatus PNS ada 4 orang guru yang sangat membutuhkan
perumahan dinas tersebut sehingga sekolah mengambil kebijakan agar 4 orang guru tersebut menempati ruang kantor,
ruang UKS dan Perumahan Kepala Sekolah yang sudah tidak layak huni sebagai
tempat tinggalnya, hal ini sangat mengganggu kegiatan proses belajar dan
mengajar. Sekolah mengambil kebijakan tersebut karena guru-guru tersebut dari
tempat asalnya sangat jauh yang jaraknya mencapai 50 km, bahkan ada yang
berasal dari luar propinsi Sumatera Selatan.
- Secara geografis SDN kasai terletak didaerah pasang surut sehingga pada musim penghujan sekolah mengalami kebanjiran dan pada musim kemarau kekeringan, hal ini menyebab sekolah kesulitan mendapatkan air bersih. Dimana untuk persediaan air bersih disekolah hanya mengandalkan sumur air yang hanya berisi air pada musim penghujan saja,itupun hanya sebentar saja karena tidak lama kemudian sumur itu sudah kebanjiran sehingga air sumur tidak bisa diminum lagi. Sedangkan musim kemarau terpaksa meminta kepada warga, itu pun sulit didapat.Keadaan ini jelas menggangu kelangsungan kegiatan di sekolah dan menyulitkan guru yang menginap disekitar sekolah. Sedangkan untuk MCK sekolah masih mengalami kekurangan bahkan boleh dikatakan tidak tesedia. Sekolah hanya memiliki WC dua buah yang berukuran 1m X 1m yang tidak memiliki bak penampungan air sehingga dalam hal kesehatan sangat jauh dari setandar.
4
Untuk meningkatkan minat baca siswa dan motifasi siswa
dalam belajar perlu adanya sarana pendukung seperti perpustakaan dan buku
refrensi yang memadai. Sedangkan keadaan di SDN Kasai belum mempunyai ruang
perpustakaa dan buku bacaan masih kurang jumlah dan banyaknya.
5
SDN Kasai terletak di perlintasan jalan lintas
kecamatan. Keadaan sekolah yang belum memiliki pagar sekolah jelas mengganggu
kemanan dan keselamatan siswa,apalagi pada saat jam istirahat siswa lebih suka
bermain didekat jalan hal ini sulit di cegah oleh guru oleh karena itu pagar
sekolah sangat dibutuhkan. Selain keamanan pagar jga bisa menambah keindahan
sekoah sehingga program 5 K bisa terlaksana dengan baik.
B.Visi
Unggul dalam prestasi, berakhlaq mulia yang dilandasi nilai-nilai budaya
luhur sesuai dengan ajaran agama.
C.Misi
2.1
Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengamalan ajaran agama.
2.2
Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.
2.3
Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga dan seni
budaya sesuai dengan bakat,
minat dan potensi siswa
2.4 Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga
sekolah dan lingkungan
D.Tujuan
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka
tujuan Sekolah Dasar Negeri Kasai adalah sebagai berikut :
- Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan.
- Meraih prestasi akademik maupun non akademik menimal tingkat kabupaten.
- Menguasai dasar – dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
- Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyrakat sekitar.
- Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.
E. Daya Dukung
1. Faktor penghambat
a. keadaan gedung sekolah yang rusak dan jumlah
ruang belajar yang masih kurang.
b. meja dan kursi belajar siswa kurang dan
banyak dalam sudah tak layak pakai
c. belum ada ruang perpustakaan.
d. belum
memiliki pagar sekolah
e. kurang tersedianya air bersih dan MCK yang
masih kurang jumlahnya.
f. Perumahan dinas Guru yang tidak tersedia
sehingga menggangu kinerja guru.
2. Faktor Pendukung
a. Daya dukung masyarakat yang cukup antusias
terhadap keberadaan SDN Kasai
b. Anak yang bersekolah di SDN Kasai berasal dari
dua desa yaitu desa Kasai dan Danau Baru.
c. Jumlah murid sekarang tercatat berjumlah180 orang,
terdiri dari laki-laki 96 orang dan
perempuan 84 orang.
d. Tenaga pengajar sebanyak 8 orang.
F. Tindak Lanjut
Keberadaan SDN Kasai sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa Kasai dan sekitarnya. Ini dapat dilihat dengan masih
banyaknya anak yang ingin bersekolah di sini. Siswa yang sekolah disini bukan
hanya dari desa kasai tetapi juga ada yang berasal dari luar desa. Dan juga
tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan juga didukung oleh tenaga pendidik yang
mempunyai semangat tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa.
Oleh karena itu, SDN Kasai sangat mengharapkan bantuan sarana prasarana
yang ada di sekolah, sehingga kegiatan
proses belajar mengajar dapat terlaksan dengan baik. Adapun saran prasarana
yang sangat kami butuhkan adalah :
1.
perbaiakan gedung sekolah sebanyak dua unit
2.
perumahan guru sebanyak empat unit
3.
pengadaan MCK dan air bersih
4.
perpustakaan sekolah
5.
pagar sekolah
G. Kesimpulan dan saran
1. Kesimpulan
a. SDN Kasai adalah suatu kebutuhan penting
bagi anak-anak.
b. SDN Kasai masih banyak
kekurangan sarana dan prasaran pendukung terlaksana proses belajar
mengajar yang menghambat
dalam pencapaian tujuan pendidikan nasioanal.
c. Dari idetifikasi dan
motivasi, kami berkeinginan memberikan
pelayanan yang optimal kepada
peserta didik.
2. Saran
a. Agar pelaksanaan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik
perlu adanya bantuan dana
dan peran serta dari semua
pihak untuk peningkatan sarana dan prasarana yang memadai guna
menunjang proses belajar
mengajar seperti gedung tempat belajar, pagar sekolah , perpustakaan
dan sarana air bersih.
b. Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta didik perlu adanya bantuan perumahan untuk guru
yang layak huni dan jarak yang
tidak jauh dari sekolah.
PENUTUP
Demikianlah
usulan bantuan rehab sekolah, perumahan guru, MCK dan sarana air bersih,
perpustakaan dan pagar sekolah SD Negeri Kasai yang dapat kami sampaikan,
kiranya dengan adanya usualan ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan
masukan bagi pihak-pihak terkait sekarang dan pada masa-masa akan datang, dalam
rangka mewujudkan kesejahteraan dan keceriaan serta sekolah sebagai pusat
pendidikan juga dapat mensukseskan program wajib belajar untuk menunjang
program pemerintah dalam pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia.
Kasai, 21 September 2011
Kepala
Sekolah
AMIN SUYITNO, S.Pd
Foto keadaan bangunan
0 komentar:
Posting Komentar